Categories
Opini

Parasite , Oscar dan Ekosistem Perfilman Nasional

Kemarin saat pengumuman Film terbaik di ajang Academy Awards atau Oscar masyarakat perfilman dunia dikejutkan oleh film Parasite. Film ini adalah film pertama dari Korea Selatan yang menjadi nominasi di banyak kategori serta memenangkan beberapa kategori bergengsi sekaligus dan yang paling utama menjadi pemenang kategori Film Terbaik. Padahal Bong Joon Ho sang sutradara sebelumnya pernah berkomentar bahwa Oscar adalah ajang penghargaan film lokal karena biasanya pemenangnya hanya film – film dari Hollywood saja.

Pemilihan cast yang baik adalah salah satu kunci keberhasilan sebuah film.

Apa saja hal bisa kita ambil pelajaran dari prestasi film Parasite di ajang Academy Awards ?. Seperti kita tahu, industri film Indonesia belakangan menunjukkan progresivitas menjanjikan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah penonton film Indonesia di bioskop dalam beberapa tahun terakhir.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mencatat, jumlah penonton film bioskop Indonesia meningkat 230 persen dalam lima tahun terakhir. Di tahun 2018 saja, penonton film bioskop tercatat mencapai 44 juta orang. Lonjakan jumlah penonton film itu dipengaruhi oleh bertambahnya jumlah layar bioskop. Hal ini berdampak langsung pada meningkatnya sumbangan industri film pada Pendapatan Domestik Bruto (PDB) nasional.